Rekomendasi 5 Rumah Sakit Jiwa Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 5 Rumah Sakit Jiwa Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 5 Rumah Sakit Jiwa Terbaik di Indonesia – Rumah sakit jiwa merupakan tempat yang tepat bagi orang-orang dengan kondisi gangguan jiwa yang berat dan kambuh. Rumah sakit ini menjadi solusi untuk rehabilitasi bagi pasien-pasien tersebut.

Pasien yang harus segera menjalani perawatan di rumah sakit jiwa adalah pasien yang menunjukan slot server kamboja no 1 gejala, seperti ingin bunuh diri, berhalusinasi, kesulitan berkegiatan sehari-hari, dan lain sebagainya. Berikut adalah 5 rumah sakit jiwa terbaik di Indonesia, dengan status tipe A.

5 Rumah Sakit Jiwa Terbaik di Indonesia :

1. RSJ Daerah Dr. Amino Gondohutomo

Berdiri pada tahun 1848, rumah sakit jiwa ini awalnya bernama Doorgangshuizen Sompok. Kemudian berganti menjadi Doorgangshuizen Tawang dan pada 21 Januari 1928 berubah kembali menjadi RSJ Pusat Semarang (Kranzinnigenggestichten). Tetapi masih bertempat di Jl. Cendrawasih, Tawang.

Pada 1 Januari 2002, namanya RTP berganti kembali menjadi RSJ Daerah Dr. Amino Gondohutomo dan lokasinya terletak di Jl. Brigjen Sudiarto No. 347, Gemah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Beberapa fasilitas medis yang di miliki RSJ Daerah Amino Gondohutomo, di antaranya ICU, Radiologi, Laboratorium, Apotek, Medical Check Up, serta poliklinik. Sedangkan fasilitas umumnya, yakni tempat laundry dan parkir mobil atau motor. Kelebihan dari RSJ ini adalah sudah menjadi RS tipe A serta memiliki berbagai layanan unggulan, seperti pelayanan jiwa, syaraf, gigi, obsgyn atau kandungan, bedah mulut, serta fisioterapi.

2. RSJ Dr. Soeharto Heerdjan

Rumah sakit jiwa yang pertama adalah Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan yang berlokasi di Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Ini merupakan rumah sakit jiwa di Jakarta dan sudah berdiri sejak tahun 1867 dengan nama RS Jiwa Grogol atau RS Jiwa Pusat Jakarta.

Sejumlah layanan unggulan di berikan untuk membantu pasien dengan masalah kejiwaan, seperti Medical health check-up, rehabilitasi medik psikososial, dan penanganan kesehatan jiwa anak dan remaja. Terdapat unit perawatan intensif, instalasi rawat inap, instalasi gawat darurat, radiologi, hingga ruang check up.

3. RS Marzoeki Mahdi

Rumah sakit ini berdiri pada 1 Juli 1882 yang di pelopori oleh Dr. H. Marzoeki Mahdi dan berlokasi di daerah Jl. DR. Sumeru No.114, Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat. Awalnya, RS ini bernama Hetkrankzinnigengestich Buitenzorg karena didirikan pada masa pemerintahan Hindia Belanda di tanah seluas 578, 765 meter persegi.

Kelebihan yang di miliki RS ini adalah sekarang menjadi pusat rujukan nasional bagi pelayanan kesehatan jiwa dan badan layanan umum dengan berbagai fasilitas medis, seperti rawat inap untuk psikiatri, untuk rehabilitasi medis ketergantungan napza, serta untuk umum. Selain itu, terdapat fasilitas tambahan, di antaranya apotek, laboratorium, ruang radiologi, UGD, ruang rawat jalan, farmasi, medical check up, dan juga penyediaan ambulan.

Selain itu, fasilitas umum yang di miliki RS ini sudah sangat lengkap. Terdapat ATM center, musala atau masjid, minimarket, taman/healing, laundry, dan kebun. Saat ini, pelayanan kesehatan khusus dari RS dr. H. Marzoeki Mahdi termasuk dalam tipe A, sedangkan pelayanan kesehatan umumnya termasuk tipe B.

4. RSJ Dr. Radjiman Wedyodiningrat

Rumah sakit jiwa berikutnya berada di Kota Malang bernama RSJ Dr. Radjiman Wedyodiningrat. Bukan hanya menangani pasien dengan gangguan mental, tapi juga melayani kasus umum lainnya.

Pasien dengan kasus ketergantungan narkotika, gangguan psikologis, laboratorium, radiologi, dan pemeriksaan gigi dapat di lakukan di sini. Adapun fasilitas tambahan lainnya di rumah sakit jiwa kota Malang ini, seperti ruang rawat inap, apotik farmasi serta elektromedik dan rehabilitasi.

5. RSJ Prof. Dr. Muhammad Ildrem

Rumah sakit jiwa ini berdiri pada 1935 dan didirikan oleh pemerintahan Hindia Belanda dengan nama Doorgangshuizen Voor Krankzinnigen awalnya di Jalan Timor No. 19, Medan. Kemudian di pindahkan ke jalan yang sama di nomor sepuluh dan kemudian berpindah lagi ke Jl. Ketjen Djarmin Ginting atau di Jl. Tali Air No.21, Medan Tuntungan, Sumatera Utara.

RSJ Prof. Dr. Muhammad Ildrem termasuk dalam rumah sakit jiwa tipe A dan letaknya berada di luar Pulau Jawa sehingga menjadi pusat layanan kesehatan jiwa yang sangat di andalkan masyarakat Pulau Sumatra. Beberapa fasilitas yang ada di RSJ tersebut, di antaranya poliklinik, IGD, radiologi, laboratorium, serta area parkir. Selain itu, beberapa layanan utama yang di sediakan, seperti fisioterapi dan rehabilitasi psikososial.

Baca juga : 5 Tipe Rumah Sakit Jakarta Yang Menerima BPJS, Ini Daftarnya

Nah itu dia Rekomendasi 5 Rumah Sakit Jiwa Terbaik di Indonesia. Untuk kalian yang ingin update seputar informasi rumah sakit terbaik bisa kunjungi pa-palembang.org. Jangan sampai ketinggalan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *